Tuesday 7 August 2012

Apa itu Java?






Java adalah bahasa pemrograman yang mempunyai keistimewaan dapat dijalankan di berbagai platform baik itu komputer maupun telepon genggam. Untuk para pengguna komputer, atau telepon genggam mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata Java. Bahkan sekarang secara otomatis, pada setiap komputer telah terdapat apa itu yang dinamakan JRE (Java Runtime Environment). Bahkan sampai saat ini, java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.


Apa itu teknologi Java dan mengapa kita memerlukannya?
Java adalah bahasa pemrograman dan platform komputer pertama yang dirilis Sun Microsystem pada tahun 1995. Ini adalah teknologi yang mendasari bahwa kekuatan seni dalam program termasuk keperluan, permainan, dan aplikasi bisnis. Java dapat dijalankan lebih dari 850 juta komputer di seluruh pelosok dunia, dan miliaran perangkat di seluruh dunia, termasuk ponsel dan perangkat televisi.

Mengapa kita membutuhkan Java?
Ada banyak aplikasi dan situs web yang tidak dapat berjalan, kecuali jika anda telah menginstall Java, dan lebih banyak ditemukan setiap hari. Java itu cepat, aman, dan dapat diandalkan. Dari laptop menuju pusat data, konsol permainan menuju superkomputer, telepon selular ke Internet, Java dapat digunakan dimana saja!

Apakah java bebas untuk diunduh?
Iya, Java bebas untu diunduh. Anda bisa mendapatkan versi terbarunya disini. Jika Anda sedang membangun perangkat tertanam atau konsumen dan ingin memasukkan Java, silahkan menghubungi Oracle untuk informasi lebih lanjut termasuk Java pada perangkat Anda.

Mengapa saya harus upgrade ke versi Java terbaru?
Versi Java terbaru berisi perangkat tambahan penting untuk meningkatkan kinerja, stabilitas dan keamanan dari aplikasi Java yang berjalan pada mesin Anda. Instalasi update gratis ini akan memastikan bahwa Java Anda dapat terus berjalan aman dan efisien.

Awalnya disebut OAK, namanya diubah sebagai bahasa pemrograman Java pada tahun 1995.

Apa yang akan saya dapatkan ketika saya men-download perangkat lunak Java?
Java Runtime Environment (JRE) adalah apa yang Anda dapatkan ketika Anda men-download perangkat lunak Java. JRE ini terdiri dari Java Virtual Machine (JVM), kelas platform inti Java, dan perpustakaan mendukung Java platform. JRE adalah bagian runtime Java perangkat lunak, yang mana semua yang Anda butuhkan untuk menjalankan di Web browser Anda. Ketika Anda men-download perangkat lunak Java, Anda hanya mendapatkan apa yang Anda butuhkan - tidak ada spyware, dan tidak ada virus.

Apa itu Java Plug-in perangkat lunak?
Perangkat lunak Java Plug-in adalah komponen dari Java Runtime Environment (JRE). JRE memungkinkan applet yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java untuk dijalankan di dalam berbagai browser. Plug-in Java perangkat lunak tidak program mandiri dan tidak dapat diinstal secara terpisah.

Aku pernah mendengar istilah Java Virtual Machine dan JVM. Apakah ini Free games?
Java Virtual Machine hanyalah salah satu aspek dari perangkat lunak Java yang terlibat dalam interaksi web. Java Virtual Machine dibangun langsung ke download perangkat lunak Java anda, dan membantu menjalankan aplikasi Java.


Sumber Referensi : www.java.com
Translated by author.

0 comments:

Post a Comment